header-int

HASIL REKAYASA MAHASISWA POLTAS DAPAT JUARA DI TTG KOTA LANGSA 2018

Kamis, 12 Jul 2018, 20:36:25 WIB - 96 View
Share
HASIL REKAYASA MAHASISWA POLTAS DAPAT JUARA DI TTG KOTA LANGSA 2018

Tapaktuan – Politeknik Aceh Selatan ikut berpartisipasi pada kegiatan Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Aceh di Kota Langsa yang berlangsung sejak tanggal 4-8 Juli 2018, acara dibuka langsung oleh PLT Gubernur Aceh Bapak Nova Iriansyah. Poltas tergabung dalam kontigen Aceh Selatan dengan membawa produk dari hasil rekayasa para mahasiswa prodi teknik mesin yaitu alat pengupas kulit tebu, dimana alat ini berfungsi ganda, bisa berfungsi sebagai pengupas dan memeras air tebu sekaligus. Alat ini cukup praktis bisa digunakan dengan dinamo maupun bahan bakar motor. Uji coba alat ini sudah dilakukan pada bulan Ramadhan 1439 H/2018 M yang lalu dan hasil pengoperasinya cukup bagus, Rabu (11/7).

“Sebenarnya alat ini sudah banyak yang pesan tapi kami belum mampu memenuhi pesanan itu, lagi menghitung kira-kira berapa harga bila diproduksi dan dipasarkan secara massal” kata Dosen pendamping rekayasa mesin Bapak Edi Saputra, ST.

Edi menambahkan mesin yang dipamerkan pada pameran TTG Kota Langsa, sudah terjual dibeli oleh masyarakat. Katanya.

Sementara itu Ketua Prodi Teknik Mesin Bapak Muhammad Anhar Pulungan, ST., MT menyambut baik atas capaian prestasi anak didiknya dan bangga, kita terus memacu mahasiswa untuk terus berkarya dan siap berkerjasama dengan berbagai pihak. Menyinggung tentang banyaknya permintaan akan mesin ini, beliau berujar, akan kita sesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Tegasnya.

“Aceh Selatan membawa pulang juara, mesin pengupas kulit tebu mendapat Juara Harapan 1 TTG, Juara I TTG Inovasi, Juara I Stan TTG, Juara Harapan I TTG Unggulan dan Juara II Pemberdayaan Masyarakat yaitu Gampong Sapik, Kluet Timur,” Ujar Muhammad Haris Fathahilah, A.Md yang merupakan tutor pendampingan mesin rekayasa tersebut.

Haris menambahkan “Kita udah ikut berpartisipasi pada beberapa tahun terakhir ini pada pameran yang sama dan selalu mendapat juara”, Imbuhnya.

Dengan adanya pameran lomba TTG seperti ini dapat memotivasi masyarakat berlomba menciptakan teknologi tepat guna terbarukan dan saling bertukar informasi, serta berbagi teknologi yang murah dan ramah lingkungan. Politeknik Aceh Selatan dalam hal ini selalu berinovasi menciptakan berbagai produk yang berdaya guna.

Disisi lainnya, direktur Poltas Bapak Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc sangat mengapresiasi atas capaian prestasi tersebut dan beliau berharap akan ada produk-produk lainnya dari kreatifitas mahasiswa dan beliau siap mensupport segala kegiatan kemahasiswaan, selain membawa harum nama almamater juga nama daerah di tingkat provinsi. Pungkasnya. []


 

poltas Politeknik Aceh Selatan
© 2016 - Tue-09-2018 Politeknik Aceh Selatan Follow Politeknik Aceh Selatan : Facebook Twitter Linked Youtube