header-int

PENDAMPINGAN AKREDITASI POLTAS 2018

Sabtu, 18 Agu 2018, 10:11:02 WIB - 99 View
Share
PENDAMPINGAN AKREDITASI POLTAS 2018

Pendampingan Akreditasi Tahap II telah dilaksanakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh terdiri dari Bapak Dr. Aman Yaman, M.Sc, Drs Muhammad Najib dan Dr. Mulia Saputra bertempat di Politeknik Aceh Selatan, Tapaktuan, (16/8/18). Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal perguruan tinggi dan meningkatkan mutu perguruan tinggi. Akreditasi itu merupakan ruh bagi perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS). Pemerintah melakukan pengawasan atas penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat dalam rangka pembinaan perkembangan satuan pendidikan yang bersangkutan. Pasal 52 Bab XI Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 1989.

Penilaian yang dilakukan dalam proses akreditasi memiliki tujuan ganda yaitu menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat, mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat. Peringkat pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada perguruan tinggi didasarkan atas hasil akreditasi perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dengan melakukan akreditasi yang meliputi akreditasi lembaga dan akreditasi program studi. Kriteria penilaian untuk akreditasi lembaga terdiri dari izin penyelenggaraan pendidikan tinggi, persyaratan, kelayakan penyelenggaraan pendidikan tinggi, relevansi penyelenggaraan program pendidikan dengan pembangunan, kinerja perguruan tinggi, dan efisiensi pengelolaan perguruan tinggi Sedangkan kriteria penilaian untuk akreditasi program studi terdiri dari identitas, izin penyelenggaraan program studi, kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-undangan, relevansi penyelenggaraan program studi, sarana dan prasarana, efisiensi penyelenggaraan program studi, produktivitas program studi, dan mutu lulusan. Kemudian adapun manfaat akreditasi dari BAN PT yaitu untuk pengusulan proyek institusi, menarik calon mahasiswa baru, mempermudah para lulusan dalam dunia kerja.

Sementara itu Unit Penjamin Mutu (UPM) Politeknik Aceh Selatan Ibu Resky Rusnanda, ST.,MT berkata, “Kegiatan pendampingan akreditasi oleh LLDIKTI baik segi akademik maupun non akademik, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi akreditasi dan kita mengetahui apa saja yang harus diperbaiki, mulai dari dokumen borang, bukti fisik, sarana dan prasarana”. Ibu Resky menambahkan, “Dengan adanya kegiatan ini mampu mensimulasikan capaian nilai akreditasi yang akan didapat, terakhir, kami dari unit penjamin mutu optimis peningkatan akreditasi program studi dengan target akreditasi A”, timpal Resky dengan penuh semangat. Kualitas para lulusan dan akreditasi lembaga maupun program studi, sedikit banyak bergantung pada kualitas dosen pengajar. Para dosen ini besar perannya dalam menentukan nilai akreditasi dan menjamin lulusan yang berkualitas. Dosen dituntut bisa mempunyai rasa memiliki terhadap program studi di perguruan tinggi tempatnya bernaung.

Kemudian direktur Poltas Bapak Dr. Muhammad Yasar, S.TP., M.Sc berharap kepada semua tim akreditasi Poltas untuk mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan untuk mendukung proses akreditasi tersebut. Yasar berujar, “Mohon laporkan segala kekurangan dari proses itu ke manajemen biar sama-sama kita cari solusinya”. Dimana manajemen merupakan pihak yang paling bertanggung jawab atas segala proses akreditasi tersebut. Dosen harus memiliki kesadaran bahwa akreditasi sangat penting bagi para lulusan dan keberlanjutan program studi (prodi). Dengan demikian kualitas pendidikan di perguruan tinggi makin lama akan menunjukkan peningkatan signifikan, seiring kesadaran para dosen dalam menjaga dan meningkatkan akreditasi perguruan tinggi tempatnya mengabdi. Mari maju bersama…!!. []

poltas Politeknik Aceh Selatan
© 2016 - Tue-09-2018 Politeknik Aceh Selatan Follow Politeknik Aceh Selatan : Facebook Twitter Linked Youtube