header-int

Poltas Terobos Kerjasama Luar Negeri

Jumat, 13 Jul 2018, 19:30:43 WIB - 169 View
Share
Poltas Terobos Kerjasama Luar Negeri

Walau hanya berkedudukan di ibu kota kabupaten, tidak berarti menjadi penghalang bagi Politeknik Aceh Selatan (Poltas) dalam mencapai visi globalisasinya.  Sebagai langkah awal, Poltas telah membuka akses kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di negeri jiran Malaysia. Menurut Direktur Poltas, Dr. Muhammad Yasar, S.TP, M.Sc, selama kunjungan kerja empat harinya di Malaysia, Poltas telah menjalin persahabatan dan kerjasama dengan Universiti Malaysia Pahang (UMP), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM),  dan Kolej Universiti Poly Tech MARA. 

Dalam kunjungannya ke UMP, kerjasama dimaksud langsung tertuang dalam Letter of Intent yang ditandatangani oleh Direktur Poltas dan Dekan Fakulti Kejuruteraan Mekanikal UMP,  Prof Dr. Rizalman bin Mamat.  Kerjasama di bidang pengajaran dan Penelitian pun telah disepakati. Bahkan UMP akan berperan aktif dalam penyelenggaraan seminar internasional yang sedang digagas Poltas untuk direalisasikan pertama kalinya akhir tahun ini.  Selain itu UMP membuka peluang seluas-luasnya bagi dosen dan mahasiswa Poltas untuk melanjutkan studi, melaksanakan riset kolaborasi,  publikasi ilmiah internasional bersama, atau pelaksanaan kerja praktek/magang. 

Meskipun belum berbuah naskah perjanjian tertulis,  Universiti Kebangsaan Malaysia dan Kolej Universiti Poly Tech MARA siap melanjutkan bentuk kerjasama ini ke level yang lebih serius. Di UKM, Direktur Poltas disambut langsung oleh Pendaftar UKM, Tn. Hj. Razak bin Hussen. Bahkan Yasar yang juga alumni UKM turut diundang dalam jamuan hari raya yang dilaksanakan oleh Pesara UKM. Hadir dalam acara tersebut dua mantan Naib Canselor (baca: Rektor)  UKM, Prof Emiritus Tan Sri Dr. Anwar Ali dan Prof Emiritus Tan Sri Dr. Saleh Yassin. Sementara di Kolej Universiti Poly Tech MARA, kunjungan Dr. Yasar disambut langsung oleh Director of International of Kolej Universiti Poly Tech MARA, Zulkifli bin Mohd. Sidek dan Deputy Vice Prof. Dr. Ahmad bin Othman beserta para dekan dan unsur pimpinan lainnya. 

Dalam merintis peluang kerjasama luar negeri tersebut, pihak Poltas melakukan koordinasi penuh dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)  Kuala Lumpur.  Di KBRI,  Yasar membangun komunikasi dengan Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud),  Agus Badrul Jamal dan Atase Pendidikan yang diwakili oleh Erwin karena Prof. Ari Purbayanto sedang melaksanakan tugas di Tawau.

Menurut Yasar, Poltas sedang menjajaki beberapa peluang kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri.  Target terdekat adalah negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencapaian visi Poltas menjadi Politeknik unggul yang mampu bersaing secara global di tahun 2025.

poltas Politeknik Aceh Selatan
© 2016 - Tue-10-2018 Politeknik Aceh Selatan Follow Politeknik Aceh Selatan : Facebook Twitter Linked Youtube